Chandra Ekajaya Pengusaha Kambing Etawa “Dari etawa jadi ketawa”

Berangkat dari hobi, Chandra Ekajaya pengusaha sukses asal Malang Jawa Timur ini memutuskan untuk membuka bisnis peternakan kambing etawa di kawasan Malang Jawa Timur. Kambing etawa merupakan salah satu jenis kambing unggulan dan memiliki nilai ekonomi yang sangat tinggi, hal ini karena jenis ini berbeda dengan jenis kambing lokal lainya.

Dok.Chandra Ekajaya

Usahanya ini dimulai pada tahun 2013, berawal dari hobi akan hewan ternak, Chandra Ekajaya membuka peternakan etawa. Awal usahanya dirinya membelin indukan etawa di kawasan Garut Jawa Barat. Garut menjadi salah satu kawasan peternakan etawa terkenal di Indonesia.

Dok.Chandra Ekajaya

Ketika memulai bisnis pasti ada saja rintangan dan hambatan yang menghadang di depan, itulah yang dialami oleh Chandra Ekajaya. Salah satu rintanganya adalah kendala penyediaan bibit yang unggul untuk menghasilkan susu berkualitas tinggi. Selain itu, keterbatasan pakan ternak yaitu rerumputan juga menjadi kendala lain. Kondisi ini memkasa dirinya untuk membatasi jumlah kambing yang diternakkan.

Saat ini di peternakan miliknya di kawasan Malang Jawa Timur, Chandra Ekajaya sudah memiliki 50 ekor kambing etawa. Dari jumlah tersebut, baru 20 ekor yang produktif menghasilkan susu. Di mana dalam sehari 20 ekor kambing tersebut mampu memproduksi susu sekitar 15 hingga 20 liter. Harga perliter susu berkisar antara Rp 45 ribu. Bukan hanya susu saja, kambing etawa juga memiliki nilai keonomis lain seperti daging kambing, dan anakan kambing yang dapat dijual.

Untuk masalah pakan Chandra Ekajaya tidak kebingungan selain makan rumput-rumputan alami, dirinya juga melakukan daur ulang limbah tahu dimanfaatkan untuk campuran pakan kambing etawa. Juga setiap bulan  rutin dilakukan pengecekan kesehatan kambing agar bisa terpantau kesehatan kambing tersebut dan menghasilkan susu murni yang berkualitas.

Dengan kesuksesan yang di capai Chandra Ekajaya saat ini, dari peternakan miliknya juga bisa memperdayakan masyarakat sekitar untuk bekerja di peternakan. Dirinya juga berniat untuk kembali mengembangka bisnisnya dengan memeperluas peternakan miliknya saat ini dan juga membuat peternakan baru di kawasan Garut Jawa Barat. Keinginan ini sudah mulai terealisasikan dengan mulai menjalin kerjasama dengan peternak dari Kawasan Garut.

Baca juga  artikel lainya mengenai pengusaha  Chandra Ekajaya yang tidak kalah menarik.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *