Chandra Ekajaya Raup Untung Besar Lewat Peternakan Ayam Kampung

Disela sela kesibukan Chandra Ekajaya menjalankan Qpizza nya, pria kelahiran malang 30 tahun silam ini menghabiskan waktunya di kandang ternak ayam kampung miliknya di pekarangan belakang rumahnya di  kota Batu, Malang. Kebanyakan masyarakat mengira usaha beternak ayam kampung hanya usaha sampingan saja padahal jika ditekuni secara serius dapat menghasilkan omzet hingga puluhan juta rupiah per bulannya.

Berawal dari iseng mencoba membesarkan ayam kampung 20 ekor Chandra Ekajaya kemudian mulai belajar menernaknya kemudian membesarkan hingga ayam benar-benar siap untuk di jual dipasaran. Belajar dari pengalamanya selama mebesarkan hingga menernaknya dari bertelur hingga menjadi ayam dewasa siap kosumsi inilah tergerak jiwa bisnis Chandra Ekajaya untuk menambah modal guna memperbesar usahanya beternak ayam kampung.

Dok.Chandra Ekajaya

Chandra Ekajaya memilih ayam kampung sebagai focus ternaknya dikarnakan ayam kampung meiliki tinggkat kekebalan terhadap penyakit yang bagus dan tahan terhadap cuaca extreme walaupun dibutuhkan waktu lebih lama daripada pembesaran ayam potong maupun ayam kampung super. Jatuh bangun pun dialami oleh dirinya diawal tahun dia membangun usahanya. Mulai dari ada yang mati bibitnya hingga tertipu dalam pengadaan bibit dimana dirinya membeli bibit dan hampir 35 % bibitnya mati di minggu pertama dikarnakan kualitas bibit yang kurang bagus.

Kesuksesan Chandra Ekajaya sekarang ini tak kurang dirinya dapat menghasilkan 10.000 DOC (anak ayam umur satu hari), 20.000 telur dan setidaknya 2000 ayam siap konsumsi tiap 3 minggunya.  Dengan harga jual DOC Rp.4000 – Rp.5000 per ekor, Rp.1200 – Rp.1500 per butir telur dan Rp30.000 – Rp.40.000 /Kg untuk ayam siap konsumsi. Tak kurang dari Rp100 juta penghasilanya setiap bulannya ini pemilik Qpizza ini tetap menjalankan berbagai macam usahanya secara tertata dan termanajemen degan bagus. Chandra Ekajaya berprinsip segala kesuksesan itu tidak harus melalui bangku sekolah , walaupun dirinya pernah putus sekolah dan karirnya dibidang study kurang bagus namun dirinya tetep positif thinking dalam menjalani hidupnya kedepan. Dengan semangat dan kerja kerasanya serta ketekunannya dalam menjalankan bisnis kini dirinya menjadi seorang pengusaha sukses yang dapat membangakan nama kedua orang tuanya.
Baca juga artikel lainya mengenai Chandra Ekajaya yang tidak kalah menarik.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *