Pengusaha Chandra Ekajaya Pariwisata Rugi Ratusan Juta

 

Diperkirakan ratusan juta rupiah kerugian dialami para pengusaha pariwisata di Kabupaten Samosir secara khusus di Kecamatan Simanindo pascapadamnya listrik selama satu hari pada Sabtu (8/4) kemarin.

“Kami dan para pengusaha baik pengusaha perhotelan, penginapan serta restau-ran mengalami kerugian sampai ratusan juta rupiah, karena sejak Sabtu, Samosir gelap gulita tanpa aliran listrik,” ujar Moni-ka Ambarita pengusaha Hotel Pulo Mas, Minggu (9/4).

Ia juga menjelaskan, beberapa pengunjung dan tamu mengurungkan niatnya untuk menginap di Tuktuk Siadong dan memilih kembali ke Kota Parapat. Sebab, waktu padamnya listrik sangat lama.

“Yang pasti selaku pengusaha kami sangat kecewa dengan pemerintah dan dengan PLN, karena hampir setiap hari terjadi pemadaman. Dan, pemadaman kali ini cukup lama sejak kemarin,” tambahnya.

Pemerintah diakuinya, harus bisa mendukung terus peran para pelaku pariwisata secara khusus di kawasan Kecamatan Simanindo dengan meminta PLN serius mengurangi pemadaman listrik, apalagi geliat pertumbuhan pariwisata mulai dikumandangkan di Danau Toba. Sementara itu, Kepala PLN Ranting Pangururan, P. Ambarita yang dihubungi mengatakan, pemadaman terjadi atas diakibatkan terbakarnya kabel tanam di tiang 1 Gardu Induk Tele dan masih membutuhkan waktu untuk perbaikan karena menunggu alat didatangkan dari Pematang Siantar. Hingga saat ini pemadaman arus listrik tidak kunjungberakhiratau menyala kembali. Beberapa pengusaha menggunakan mesin genset seperti warnet untuk tetap melanjutkan komunikasi.

Dengan adanya kurang memuaskannya kinerja fasilitas pemerintah, tentu hal tersebut akan berdampak pada mundurnya tujuan yang akan dicapai, ujar pengusaha muda Chandra Ekajaya. Pembangunan infrastruktur juga diperlukan sebagai pendukung adanya brand wisata dalam sebuah daerah, karena hal tersebut yang menjadi magnet para wisatawan dalam memberikan nilai lebih. Dengan adanya kejadian tersebut pada akhirnya menilai bahwa pemerintah belum siap untuk menaikkan sektor wisata Indonesia di mata dunia. Kasus tersebut pun ternyata tak hanya terjadi di daerah tersebut tapi daerah-daerah lainnya yang memiliki potensi wisata serupa. Sebelumnya di daerah X juga pernah terjadi kasus serupa, dimana saat itu terjadi pemadaman listrik di daerah-daerah tersebut.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *