Tenayan Raya Perlu Empat Puskesmas

KNKG-INDONESIA Luasnya wilayah Kecamatan Tenayan Raya membuat dua puskesmas yang saat ini beroperasi melebihi standar pelayanan maksimal (SPM). Sabagai gambaran, hal ini terjadi di Puskesmas Tenayan Raya yang pada tahun lalu SPMnya mencapai 21 persen. Padahal standar dari Kementerian Kesehatan RI untuk puskesmas ini hanya 15 persen saja.

Kepala Puskesmas Tenayan Raya dr Hj Nuryuni Yusra menyebutkan, posisi puskesmas yang jauh dari pusat layanan masyarakat dan jauh dari pusat kota membuat layanan harus dipecah.

“Jumlah penduduk di Tenayan Raya sekitar 60 ribu orang dengan maksimal layanan yang diberikan puskesmas 30 ribu penduduk. Saat ini Puskesmas Tenayan Raya sudah mencapai 21 ribu. Idealnya, Tenayan Raya ada tiga sampai empat puskesmas. Karena layanan pasien cukup banyak di sini, untuk rawat jalan saja rata-rata 100-150 pasien per hari sepanjang 2016,” kata Nuryuni Ia menyebutkan, hampir setiap musrembang dirinya mengusulkan penambahan ruang rawat inap di puskesmas yang bersebelahan dengan Kantor Camat Tenayan Raya tersebut.

Dirinya juga mengusulkan penambahan ruang jaga. Karena jumlah dan kondisi saat ini harus ditingkatkan. Karena ada kecendrungan angka pasien baik rawat jalan dan rawat inap terus memperlihatkan grafik peningkatan.

Nuryuni bersyukur, tahun ini puskesmas yang berada di kawasan Harapan Raya segera beroperasi. Sementara itu, usulannya juga dikabulkan Dinas Kesehatan dan Pemko Pekanbaru. Akan dilakukan renovasi pada dua fasilitas tersebut di puskemas ini lewat dana bantuan sosial hibah dari Kemenkes RI.

<>2017 ini akan direhab, IGD akan dipindahkan bagian depan. Kalau sekarang rawat jalan dan rawat inap menyatu nanti dipisah saat renovasi. Nanti IGD yang saat ini berada di belakang akan dipindahkan pada bagian depan gedung untuk mempermudah layanan,” ungkapnya.

Menurutnya, konsultan renovasi gedung tersebut sudah datang dan sudah melakukan pengukuran lokasi pembangunan. Informasi terakhir yang diterima Nuryuni, saat ini sedang masuk tahap desain renovasinya. “Semoga ini cepat terealisasi agar pelayanan dapat sesuai standar dan optimal,” tutupnya.

Baca juga Berbagai artikel menarik lainya mengenai pengusaha Chandra Ekajaya .

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *