Yohanes Chandra Ekajaya Sukseskan Kerajinan Daur Ulang yang Hasilkan Ratusan Juta Rupiah Per Bulan

pengusaha J Chandra Ekajaya & J Wijanarko raup jutaan rupiah lewat plastik bekas

Yohanes Chandra Ekajaya menganggap bahwa sampah memang tak mesti menjadi suatu hal yang memiliki sifat negatif. Menurutnya, kunci kesuksesan adalah berani melakukan terobosan kreatif dan serius dalam melakoni sebuah bisnis. Ya, bermula dari sampah, Yohanes Chandra Ekajaya mampu menyulap barang-barang tersebut menjadi sebuah barang dengan nilai jual yang tinggi.

Yohanes Chandra Ekajaya mengolah sampah tersebut menjadi sesuatu bahkan menjadi sumber uang yang mampu menghidup dirinya. Kini, Yohanes Chandra Ekajaya menjadi seorang pengusaha muda yang sukses dalam bidang tersebut.

Dari sampah berupa plasti, bungkus kopi, botol minuman, koran, hingga kaleng, Yohanes Chandra Ekajaya kemudian mulai melakukan daur ulang. Dari kreativitas yang dimiliknya tersebut, Yohanes Chandra Ekajaya melahirkan barang-barang tersebut menjadi kerajinan tangan yang menarik seperti tas, peci, jam, toples, mainan, dan sebagainya.

Meski awalnya barang-barang tersebut belum mampu mendatangkan rupiah secara cepat, Yohanes Chandra Ekajaya pun kemudian terus menekuni bisnis tersebut dengan telaten. Dengan ketekunan tersebut, tepat di tahun keempat, Yohanes Chandra Ekajaya pesanan dari pembeli pun terus berdatangan.

Kini, Yohanes Chandra Ekajaya mendapatkan banyak pelanggan baik di kota besar, daerah, hingga ke pasar mancanegara. Kesuksesan tersebut memang tak disangkan oleh lelaki kelahiran Malang, Jawa Timur. Dengan menggunakan strategi bisnis melalui media sosial, Yohanes Chandra Ekajaya pun sukses dengan produk-produk tersebut.

pengusaha sukses yohanes chandra ekajaya raup jutaan rupiah dari daur ulang plastik

Yohanes Chandra Ekajaya mengaku bahwa beberapa pelangganya datang dari luar negeri seperti Singapura, Brunei, Inggris, Australia, Amerika, Selandia Baru, Thailand, Jepang, dan beberapa negara-negar a Eropa. Keberhasilannya menyuplai produknya ke negara-negara luar didapatkannya setelah ia berhasil membangun networking ke negara-negara tersebut.

Meski telah mendulang kesuksesan, Yohanes Chandra Ekajaya berencana akan memperlebar ruas bisnisnya. Namun, Yohanes Chandra Ekajaya menyadari bahwa untuk sampai ke tahap tersebut, ia harus pandai-pandai mengembangkan produk tersebut lebih berkualitas, mengatur layanan, dan melakukan terobosan pasar dengan strategi marketing yang baik.

Kesuksesan Yohanes Chandra Ekajaya tercermin tak hanya keberhasilannya mendulang rupiah dari bisnis kerajinan tangan berbahan bekas. Namun, ia pun juga berhasil memberikan pelatihan ke desa-desa terkait mengolah limbah sebagai sebuah gerakan penyadaran masyarakat dalam mengolah limbah.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *